PIP Cegah Drop Out Siswa

Cianjur (INMAS Kabupaten Cianjur)
Kemenag Cianjur melalui seksi Pendidikan Madrasah menyelenggarakan kegiatan penyerahan SK Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, di gedung KDA, Kamis (08/09).
Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari dan diikuti oleh kepala madrasah MI, kepala MTS dan kepala MA se-Kabupaten Cianjur. Pelaksana Teknis Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Cianjur menyamapaikan laporannya, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap atau secara berjenjang dimulai dari MI, MTS dan MA.
Mengenai jumlah kuota penerima PIP dilingkungan Kemenag Cianjur tahun anggaran 2016 untuk MI sebanyak 4.536 siswa, MTs sebanyak 4.259 dan MA sebanyak 1.216 siswa. Sedangkan nominal uang yang diterima per siswanya adalah untuk MI 450 ribu/siswa, MTS 750 ribu/siswa dan MA 1 juta / siswa.
Sementara itu, Kepala Kemenag Cianjur, H. Suhendra yang hadir dalam acara penyerahan SK PIP tersebut berharap program PIP ini dapat mencegah anak drop out dari sekolah/madrasah karena alasan orang tua kesulitan ekonomi.
Dan selain itu, Ka.KanKemenag juga menegaskan bahwa penyaluran PIP harus menerapkan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntabel, kepatutan dan kemanfaatan.
Bantuan PIP harus tepat sasaran dan sesuai dengan juknisnya, jangan ada istilah pemotongan atau pemungutan kembali oleh pihak madrasah dengan alasan apapun, karena semua itu melanggar aturan hukum yang berlaku dan bisa dikaterogikan sebagai perbuatan tindak pidana korupsi, tegasnya.
Kontributor : Gumilar/Ayi Rustandi
Copyright © 2016 By Ichsan Mujahid.