Kabid Penais Ingatkan Profesionalisme Kerja Penyuluh Agama Islam

Cianjur (INMAS Kabupaten Cianjur)
Kepala Bidang Penais, Zakat, dan Wakaf, H. Ahmad Pathoni terus mengingatkan tenaga penyuluh agama Islam yang ada diwilayah Kanwil Kemenag Jabar, khususnya tenaga penyuluh agama Islam yang ada di wilayah Kemenag Cianjur untuk terus meningkatkan profesionalisme kerja. Karena menurutnya, makna dari profesionalisme adalah adanya peningkatan kemampuan secara terus menerus yang mempunyai mutu atau kualitas yang baik.
Tetapi dalam upaya peningkatan profesionalitas tersebut, adanya permasalahan yang dihadapi penyuluh agama Islam sekarang ini adalah ratio jumlah penduduk dengan jumlah penyuluh, masih banyak jumlah penduduk dibandingkan jumlah penyuluh. Seperti di Jawa Barat jumlah penyuluh agama non PNS sebanyak 6.853 orang dan jumlah penyuluh agama PNS sebanyak 853 orang, imbuh Kabid Penais, saat memberikan materi dalam acara pembinaan penyuluh se-Kabupaten Cianjur, di hotel Bydiel, Jalan Raya Ir. H. Juanda Cianjur, Rabu (07/09).
Selain itu, masih banyak kendala yang dihadapi oleh penyuluh agama Islam seperti rendahnya kompensasi tenaga penyuluh masih rendah, sehingga standar pelayanan minimal belum sepenuhnya terwujud, tetapi, lanjut H. Ahmad Pathoni, kami tetap optimis dengan banyaknya kendala yang dihadapi, kami akan melakukan upaya dalam rangka meningkatkan profesionlitas kerja penyuluh agama Islam melalui kegiatan yang sekarang ini dilaksanakan yaitu pembinaan penyuluh agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kantor Kabupaten Cianjur.
Terakhir, diharapkan dalam pelaksanaan pekerjaan sebagai penyuluh agama Islam dan dalam upaya peningkatan profesionalitas kerja penyuluh agama Islam, penyuluh harus mampu membuat program kerja, meingkatkan disiplin kerja dan melakukan evaluasi atau laporan yang tepat waktu, pungkasnya.
Kontributor : Gumilar/Ayi Rustandi
Copyright © 2016 By Ichsan Mujahid.