Kakanwil : Para Kasi Bimas Islam/Penais Harus Mengubah Mindset dan Paradigma

Jl. Jend. Sudirman (Inmas-Jabar)

Para Kepala Seksi Bimas Islam/Penais harus mengubah mindset dan paradigma dalam memberdayakan juga mengoptimalkan organisasi yang dipimpinnya. Dengan keluarnya PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka tugas dan fungsi Bimas Islam/Penais Kabupaten/Kota harus benar-benar menjadi garda terdepan Kementerian Agama, karena salah satu amanat dalam PP tersebut bahwa segala kegiatan keagamaan dikembalikan kepada instansi vertikal, yaitu Kementerian Agama pada Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten/Kota. Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat , H. A. Buchori, saat membuka acara rapat koordinasi Bidang Penais, Zakat dan Wakaf tahun 2016, di Aula Ussisa Almaula Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, Kamis (18/8).

Lebih lanjut kakanwil menekankan supaya para kepala seksi Bimas Islam meningkatkan kualitas SDM untuk mengelola kegiatan keagamaan baik manajemennya maupun organisasinya. Melakukan Controling dan evaluating dalam manajemen organisasi harus mendapat perhatian dan ditingkatkan, dengan tujuan kegiatan-kegiatan keagamaan di daerah bisa berjalan dan terlaksana secara optimal serta sesuai dengan regulasi, kebutuhan dan berpijak pada tujuan Rencana dan strategi Kementerian Agama.

Sementara itu, Kepala Bidang Bidang Penais, Zakat dan Wakaf, Drs. H. Ahmad Patoni, MM dalam laporannya menyampaikan maksud dari kegiatan Rakor tersebut untuk melakukan evaluasi dari berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada semester I dan rencana program Semester II Tahun 2016. Penyampaian Program Prioritas Bidang penais, Zakat dan Wakaf diantaranya program peningkatan kepenyuluhan; rekruitmen PAI Non PNS Tahun 2017, Penyelenggaraan PAI Teladan Tk. Provinsi, SIMPENAIS dan proyeksi program Kabupaten/Kota Tahun 2017. penyampain proyeksi program Pemberdayaan Zakat, Pemberdayaan Wakaf, Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam (HBI) juga Pengembangan Seni Budaya Islam, Musabaqoh Al-Quran dan Al-Hadist. Ketiga, pemahaman terhadap regulasi, peningkatan Kualitas SDM dan kerjasama antar stakehoalders dengan tujuan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan di masyarakat bisa berjalan sesuai tujuan.

Kegiatan Rakor diikuti seluruh Kepala Seksi Bimas Islam/Penais Se-Jawa Barat dan para Kepala Seksi di Lingkungan Bidang Penais, Zakat dan Wakaf Kanwil kemenag Prov. Jawa Barat.

Kontributor : Much. Ikbal
Copyright © 2016 By Ichsan Mujahid.