Kemenag Cianjur Bentuk KKG dan MGMP Madrasah

Cianjur (INMAS Kabupaten Cianjur)
Kemenag Cianjur melalui Seksi Pendidikan Madrasah akan membentuk kelompok kerja guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) madrasah Kabupaten Cianjur, Rabu, 31/08, di gedung KDA Komplek Kementerian Agama Kantor Kabupaten Cianjur. Kegiatan pembentukan KKG dan MGMP ini, H. Yudi Afiful Hidayat, PLT Kasi Pendidikan Madrasah, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan karena ada surat dari Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Barat Nomor B-4201/Kw.10/II.I/PP.00/06/2016 tentang pembentukan KKG dan MGMP tingkat Madrasah di Kabupaten/Kota.
Karena banyaknya kegiatan di Kemenag Cianjur, H. Yudi Afiful Hidayat, mengatakan pembentukan KKG dan MGMP baru dilaksanakan di bulan Agustus 2016. Dan, kami optimis pembentukan KKG dan MGMP ini bisa dilaksanakan dengan penuh semangat, memiliki struktur organisasi yang berkualitas dan sebagai wadah komunikasi antar guru madrasah.
Istilah KKG dan MGMP diakui Kepala Kantor Kemenag Cianjur, H. Suhendra, memang sudah ada dari dulu, namun baru sekarang, pembentukan KKG dan MGMP mempunyai dasar hukumnya yaitu PMA Nomor 60 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas PMA No. 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah.
Dengan pembentukan KKG dan MGMP madrasah, KKG dan MGMP madrasah dapat dijadikan sebagai wadah pembinaan tenaga pendidik yang profesional, tempat menumbuh kembangkan kerjasama antar guru madrasah, tempat penyebaran informasi dan pengembangan tenaga pendidik, dan sebagai menumbuhkan rasa percaya diri sebagai pendidik madrasah, tuturnya.
Tidak hanya itu, tambah kepala kantor, KKG dan MGMP dapat memperlancar upaya kemampuan profesional guru dalam usaha meningkatkan mutu tenaga pendidik dan selain itu, masih menurutnya, KKG dan MGMP sebagai tempat pemecahan masyarakat dan sebagai pusat tempat praktek peraga, perpustakaan dan alat keterampilan, katanya.
Setelah dibentuk, diharapkan KKG dan MGMP harus bergerak jangan setelah dibentuk diam tidak melakukan aktivitas organisasi sebagaimana mestinya, tutupnya.
Kontributor : Gumilar/Ayi Rustandi
Copyright © 2016 By Ichsan Mujahid.