
Upacara
peringatan HUT RI ke-71 di Kementerian Agama dihadiri oleh KUA Teladan
Nasional terpilih. Mereka mengenakan batik seragam yang tampak menyolok di sisi
kiri podium. Unsur pelayanan publik menjadi menjadi ujung tombak dan
ukuran keberhasilan K/L/D/I. Tak terkecuali Kemenag, yang terus berupaya
meningkatkan pelayanan masyarakat, dari waktu ke waktu. Di era Reformasi
Birokrasi saat ini, KUA adalah salah satu instrumen logis untuk meningkatkan
pelayanan di tubuh Kemenag. KUA lah yang seharusnya menjadi penghubung antara
Kementerian Agama dengan masyarakat. Oleh sebab itu revitalisasi KUA adalah
salah satu cara yang paling baik, sebab KUA memang dibentuk sebagai main
services yang diletakkan di tengah masyarakat.
Layanan kepada
publik di Kemenag pada secara representatif bertumpu di KUA. Mulai dari
nikah-rujuk, penyuluhan keagamaan, sampai dengan masalah kerukunan. Oleh sebab
itu, optimalisasi peran KUA wajib disuport, salah satunya dengan adanya reward berupa
pemilihan KUA teladan se-Indonesia. Diharapkan dengan adanya penghargaan ini,
seluruh KUA akan terpacu meningkatkan layanan, dan kinerja Kemenag akan dinilai
lebih baik dan positif di tengah-tengah khalayak Indonesia.
Sumber : itjen.kemenag.go.id