Pemilihan KUA Teladan, Bukti Keseriusan Kemenag Tingkatan Layanan Publik

Setiap peringatan HUT RI, Kemenag memberikan penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah aparatur atas dedikasi dan kesetiaannya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur Kementerian Agama. Untuk tahun ini, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun yang tertuang dalam Kepres RI Nomor 25/ TK/ Tahun 2016 yang ditandatangani tanggal 27 Mei 2016 yang secara keseluruhan berjumlah 40 orang. Menag didampingi Sekjen Nur Syam menyematkan secara simbolis tanda penghargaan kepada Dirjen PHU Abdul Jamil yang mendapat tanda kehormatan pengabdian 30 tahun, menyusul Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbangdiklat Mahsusi mendapat tanda kehormatan pengabdian 20 tahun bersama 16 orang lainnya.

Upacara peringatan HUT RI ke-71 di Kementerian Agama dihadiri oleh KUA Teladan Nasional terpilih. Mereka mengenakan batik seragam yang tampak menyolok di sisi kiri podium. Unsur pelayanan publik menjadi menjadi ujung tombak dan ukuran keberhasilan K/L/D/I. Tak terkecuali Kemenag, yang terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat, dari waktu ke waktu. Di era Reformasi Birokrasi saat ini, KUA adalah salah satu instrumen logis untuk meningkatkan pelayanan di tubuh Kemenag. KUA lah yang seharusnya menjadi penghubung antara Kementerian Agama dengan masyarakat. Oleh sebab itu revitalisasi KUA adalah salah satu cara yang paling baik, sebab KUA memang dibentuk sebagai main services yang diletakkan di tengah masyarakat.

Layanan kepada publik di Kemenag pada secara representatif bertumpu di KUA. Mulai dari nikah-rujuk, penyuluhan keagamaan, sampai dengan masalah kerukunan. Oleh sebab itu, optimalisasi peran KUA wajib disuport, salah satunya dengan adanya reward berupa pemilihan KUA teladan se-Indonesia. Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, seluruh KUA akan terpacu meningkatkan layanan, dan kinerja Kemenag akan dinilai lebih baik dan positif di tengah-tengah khalayak Indonesia.

Sumber : itjen.kemenag.go.id
Copyright © 2016 By Ichsan Mujahid.